ContentKing

Added 08:32 07-02

film
+1

100 Film Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Tonton Minimal Sekali Seumur Hidup!

Sudah sejak dahulu dunia perfilman di Indonesia mengalami pasang surut. Pun begitu industri ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Tiap tahun banyak sekali sinema layar lebar yang dirilis. Banyak artis-artis baru dan tema baru yang terus bermunculan untuk menghibur penggemar setianya. 


Dari sekian banyak film yang dirilis setiap tahunnya. Tentu ada beberapa film Indonesia terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan atau belum tonton. Rata-rata film tersebut dapat dibilang unggul karena memiliki beberapa aspek yang sangat bagus, baik alur cerita yang bagus ataupun adegan dan amanat yang terkandung di dalamnya.

Kali ini Finspi akan merangkum 100 daftar film terbaik dari tanah air yang wajib ditonton bagi penggemar sinema layar lebar. Berikut daftarnya, jangan lupa catet ya!

100. Merah Putih (2009)

Diurutan ke-seratus ada film Merah Putih yang dirilis tahun 2009 dan bagian pertama dari rangkaian film"Trilogi Merdeka" yang juga merupakan trilogi film perjuangan pertama di Indonesia. Film ini disutradarai oleh Yadi Sugandi dan dirilis dengan semboyan "Untuk merdeka mereka bersatu". Secara keseluruhan film ini mengisahkan para perjuangan yang melawan tentara Belanda pada tahun 1947.

99. 99 Cahaya di Langit Eropa (2013)

Film ini menceritakan kisah seorang jurnalis asal Indonesia yang tengah menemani suaminya menjalani kuliah doktorat di Austria, mulai dari bagaimana mereka beradaptasi, hingga menemukan jejak-jejak ajaran Islam di Eropa.

98. Sundul Gan, the Story of Kaskus (2016)

Film ini diproduksi oleh studio 700 Pictures dan akan bercerita tentang perjalanan Ken dan Andrew, dua sahabat yang bekerja dengan keras untuk mewujudkan mimpi mereka. Berawal dari mulai mereka kuliah di Amerika, sampai merintis KASKUS yang semula hanya berupa tugas kuliah. 

97. Serigala Terakhir (2009)

Film yang penuh adegan bertarung ini mengambil latar tempat di tengah masyarakat pinggiran kota. Jarot dan Ale adalah teman baik, tumbuh bersama sejak kecil. Keduanya memiliki banyak kesamaan, tapi tidak dengan karakter. Mereka membentuk geng Srigala Terakhir, dan bermimpi menjadi mafia terbesar.

96. Perahu Kertas (2012)

Film ini dibintangi oleh artis cantik nan berbakat, Maudy Ayunda. Kisah pasang surutnya hubungan dua insan. Kugy yang bercita-cita menjadi penulis, dan Keenan, yang terpaksa mengikuti keinginan ayahnya, kuliah jurusan ekonomi. Kita akan dibawa untuk mengikuti satu persatu kisah mereka berdua sampai dipertemukan kembali.

95. Brokenhearts (2012)

Film ini merupakan kisah cinta segitiga yang sebetulnya tidak diharapkan. Jamie yang sedang sakit kemudian menghilang dikira sebuah pengkhianatan oleh Olivia. Setelah Jamie ingin kembali memeluk Olivia, Aryo yang merupakan sudah terlanjur jatuh cinta kepada Olivia.

94. Merry Riana (2014)

Film ini diangkat dari biografi Merry Riana yang kini tengah menjadi wanita sukses da motivator ulung. Merry Riana baru saja lulus SMA, ia terpaksa mengungsi ke Singapura akibat kondisi di negaranya sedang tidak stabil. Di film ini kamu akan diajak mengikuti kisah perjuangannya di singapura. Mulai dari mendaftar kuliah sampai sulitnya menjadi pegawai perusahaan asuransi. Namun akhirnya ia mampu mewujudkan impiannya untuk mendapatkan uang satu juta dolar.

93. Nagabonar Jadi 2 (2007)

Nagabonar yang kini menua diminta tinggal sementara di Jakarta bersama Bonaga, anaknya yang sekolah di luar negeri. Nagabonar marah kepada Bonaga kemudian meninggalkan rumah dan tersesat di Jakarta.

92. Peluru dan wanita (1988)

Film ini mengisahkan seorang mantan agen rahasia CIA yang pergi ke Indonesia untuk mencari wanita Indonesia yang dulu menjadi partner kerjanya saat bertugas. Di tengah perjalanan ia harus berhadapan dengan kasus narkotika besar yang harus diselesaikan.Film ini mengisahkan seorang mantan agen rahasia CIA yang pergi ke Indonesia untuk mencari wanita Indonesia yang dulu menjadi partner kerjanya saat bertugas. Di tengah perjalanan ia harus berhadapan dengan kasus narkotika besar yang harus diselesaikan.

91. Garuda Didadaku (2009)

Film drama ini menceritakan sepak terjak bocah cilik bernama Bayu yang bertekad menjadi pesepak bola ulung. Dalam rangka untuk mengejar impiannya menjadi seorang pemain sepak bola hebat, Bayu diam-diam berlatih sepak bola dengan teman-temannya, meskipun kakeknya selalu menentangnya.

90. Kambing Jantan (2009)

KAMBING JANTAN menceritakan tentang Dika (Raditya Dika) yang selalu menyebut dirinya kambing dan gemar menulis catatan blog. Di dalam blog tersebut, Dika menceritakan semua kesehariannya, seperti ceritanya yang digoda seorang om homo saat menonton di bioskop, cerita tentang ibunya yang berhasil menyembuhkan jerawat Dika dengan menggunakan celana dalam ayahnya, dan hubungan cintanya, mulai dari cinta monyet hingga cintanya saat beranjak dewasa.

Baca juga : 10 Gambar Ini Akan Membuat Perfeksionis Gregetan!

89. Siti (2014)

Film drama ini mengisahkan kisah Siti (Sekar Sari), seorang perempuan dan ibu muda penjual peyek jingking di Parangtritis sekaligus menjadi pemandu karaoke di malam hari, setelah suaminya lumpuh dalam kecelakaan yang menenggelamkan kapal nelayannya sekaligus menjebak Siti dalam lilitan utang.

88. Marmut Merah Jambu (2014)

Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.

87. Tarung: City of the Darkness (2011)

Film ini mengisahkan tentang persahabatan sejati empat pemuda, dalam menghadapi kerasnya kehidupan, dan tantangan masalah yang mereka jalani. Mereka adalah Reno, Choky, Daud, dan Galang. Mereka sama-sama dibesarkan sejak kecil di satu panti asuhan Bunda Mulia, yang dipimpin oleh Bu Lastri. 

86. Bulan Terbelah Di Langit Amerika (2015)

Bulan Terbelah di Langit Amerika bercerita tentang seorang jurnalis Indonesia yang menemani suaminya sekolah di Wina mendapatkan tugas dari bosnya untuk membuat sebuah artikel berjudul “Would the world be better without Islam” untuk koran mereka yang sudah semakin bangkrut. Ia memintanya untuk mewawancarai dua narasumber dari pihak muslim dan non muslim yang telah dipilihkan ke Amerika serikat. Mereka adalah para keluarga korban WTC 11 September di New York.

85. Jakarta Undercover (2006)

Film ini menceritakan seorang gadis Medan yang terpaksa merantau ke Jakarta karena melakukan aksi kriminal terhadap ayahnya sendiri. Lalu gadis ini membawa adiknya ke kota Jakarta dan harus bergelut dengan dunia malam. Hingga suatu hari mereka berdua tak sengaja menyaksikan aksi pembunuhan. Setelah kejadian itu mereka menjadi incaran sang pembunuh yang ingin menghabisi mereka.

84. Pirate Brothers (2011)

Berawal cerita dari dendam seorang anak miskin & yatim piatu di pelabuhan. Dia mempunyai seorang kakak angkat yang tewas dibunuh oleh sekelompok gang Tatto. Kemudian ia bertemu dengan teman yang seumuran. Mereka akrab layaknya bersaudara. Suatu saat mereka harus berpisah. Saat dipertemukan kembali mereka berdua bekerja sama menghabisi musuh masa lalu mereka untuk balas dendam. 

83. 5 cm (2012)

5 CM bercerita tentang 5 remaja yang memikiki watak unik dan berbeda namun tetap solid. Suatu hari mereka mereka memutuskan untuk mendaki gunung tertinggi di Jawa, yakni Mahameru pada tangal 17 Agustus untuk merasakan sensasi persahabatan yang berbeda. Mereka semua merupakan pendaki awam. Maka ditengah pendakian mau tidak mau mereka harus menghadi banyak masalah. Film ini meraih sukses besar.

82. Rectoverso

Film ini diadaptasi dari kumpulan cerita pendek "Rectoverso" karya Dee (Dewi Lestari). Sebuah novel yang pertama kali dengan baik menggabungkan dua unsur seni kreatif; narasi fiksi dan lagu. "Sebelas fiksi untuk didengar dan sebelas lagu untuk dibaca" demikian Dee mengajak pembacanya. Menceritakan tentang "CINTA" dari sudut pandang wanita.

81. Valentine (2016)

Eits, meski namanya Valentine. Namun film ini merupakan film laga asli Indonesia lho. Batavia City, kota indah yang tak lagi aman dihuni. Perampokan, kekerasan, dan berbagai kriminalitas semakin hari semakin merajalela. Di tengah kota yang kacau ini, Srimaya, seorang pelayan kafe yang memiliki mimpi menjadi aktris tidak pernah menyangka kalau impiannya akan mengubah jalan hidupnya.

Baca juga : Kelakuan Konyol Hewan yang Sedang Menyamar!

80. Heart (2006)

Film drama ini menceritakan tentang kisah cinta dua remaja dari kecil sampai dewasa, walau situasi tidak memungkinkan karena adanya wanita lain.

79. Sunshine Becomes You (2015)

Sunshine Becomes You adalah sebuah film Romantis Indonesia tahun 2015 yang disutradarai oleh Rocky Soraya dan berdasarkan pada novel dengan nama yang sama karya Ilana Tan. Film tersebut menceritakan kisah cinta Alex Hirano dan Mia Clark. Film tersebut melakukan pengambilan gambar di New York, Amerika Serikat.

78. Sang Pencerah (2010)

Sebuah film drama yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, berdasarkan kisah nyata dari pendiri Muhammadiyah, Kiai Haji Ahmad Dahlan, yang dikenal sebagai tokoh pembaharu Islam di Indonesia.

77. Gie (2005)

Film ini diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran karya Gie sendiri, namun ditambahkan beberapa tokoh fiktif agar ceritanya lebih dramatis. Saat menonton film ini maka kamu akan langsung tau jika Gie merupakan sosok yang sangat idealis dan juga totalitas. Film ini juga layak dijadikan film terbaik yang harus ditonton aktivis muda.

Latest activity